Rabu, 04 Juni 2014

Tugas 2 SIM MSDM


TUGAS 2
Mata Kuliah
Sistem Informasi Manajemen & Manajemen Sumber Daya Manusia
images (2).jpg






Dosen Pengajar:
Sugeng Rusmiwari,Drs.,M.Si
Mahasiswa:
Akasius Akang
2011210005








PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG
2014
 Nama               : Akasius Akang
NIM                : 2011210005
Prodi               : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas           : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
TUGAS 2 SIM-MSDM
AUDIT (AUDITING) SIM - MSDM
Audit (auditing) adalah kegiatan membandingkan suatu kriteria (apa yang seharusnya) dengan kondisi (apa yang sebenarnya terjadi). (Agung, 2008)
1.      Mencermati proses kepatuhan (Compliance Audit), dalam rangka untuk memperbaiki kinerja;
2.      Dihasilkan kepastian ketaatan/kepatuhan terhadap ketentuan, peraturan atau kebijakan yang telah ditetapkan;
3.      Koreksi terhadap sistem pengendalian manajemen/kepemimpinan;
4.      Diharapkan dapat memberikan manfaat berupa nasehat (advice) dalam pengelolaan sumber daya (resources) organisasi;

(Sumber: diadopsi dan diadaptasi, dari: Agung, I Gusti, Rai, 2008, Audit Kinerja pada Sektor Publik, Konsep, Praktik, Studi Kasus, Penerbit Salemba).

Pertanyaan / tugas:
1.      Tahap 1 (satu), susun judul atas masalah yang akan diaudit;
‘’KEBIJAKAN PEMKOT MALANG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MASYARAKAT KOTA MALANG DI ERA GLOBAL’’.

2.      Tahap 2 (dua), susun term-paper sebagai pegangan teori saudara;
TERM PAPER
Kebijakan
1.      Thomas Dye
Kebijakan sebagai pilihan pemerintah untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu ( whatever governments choose to do or not to do).
2.      Easton
Kebijakan pemerintah sebagai kekuasaan pengalokasian nilai-nilai untuk masyarakat secara keseluruhan.

3.      Lasswell dan Kaplan
Kebijakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan, menyebutkan kebijakan sebagai program yang diproyeksikan  berkenaan dengan tujuan, nilai, dan praktik ( a projected program of goals, values and practices)
4.      Friedrich
Yang paling pokok dari kebijakan adalah adanya tujuan (goals), sasaran (objective), atau kehendak (purpose).

Kesimpulan menurut Penulis:
Kebijakan adalah Pilihan pemerintah, pengalokasian nilai-nilai, program yang diproyeksikan  berkenaan dengan tujuan, nilai, dan praktik untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu untuk masyarakat secara keseluruhan.
(Sumber: Abidin, Said Zainal. Kebijakan Publik. Salemba Humanika. Jakarta. 2012, Hal. 5-6).
3.      Tahap 3 (tiga), susun instrumen (tertutup) untuk pengambilan data;
WAWANCARA (interview)
Wawancara adalah cara efektif untuk mengumpulkan informasi.
Terdapat tiga jenis wawancara (interview) yang diselenggarakan untuk menghimpun data analisis pekerjaan:
1.      Wawancara individu dengan setiap karyawan;
2.      Wawancara-wawancara kelompok dengan kelompok-kelompok karyawan yang mempunyai pekerjaan sama;
3.      Wawancara penyelia dengan satu atau lebih penyelia yang mempunyai pengetahuan luas tentang pekerjaan yang tengah di analisis;
Kegunaan dan validitas wawancara tergantung pada:
1.      Penggunaan metode sistematik untuk memperoleh dan mencatat informasi pekerjaan;
2.      Memastikan bahwa sampel yang memadai dari pemegang jabatan telah diwawancarai agar memberikan gambaran yang relative lengkap dan obyektif.

Sumber:
Simamora, Henry, 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, YKPN, Yogyakarta, hlm., 126.

Kuesioner/Checklist

No
Pertanyaan
Skor/Nilai
1
Menurut Bapak/Ibu, apakah semua kalangan yang menjadi target bisa mengenyam Pendidikan yang berkualitas, murah dan terjangkau yang diselenggarakan oleh Pemkot malang?
a.    Sangat Bisa
b.    Bisa
c.    Netral
d.   Tidak Bisa
e.    Sangat Tidak Bisa



5
4
3
2
1
2
Menurut Bapak/Ibu, apakah Pemerintah sudah mampu menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai untuk pendidikan formal dan non-formal?
a.    Sangat Mampu
b.    Mampu
c.    Netral
d.   Tidak Mampu
e.    Sangat Tidak Mampu



5
4
3
2
1
3
Apakah Pemkot Malang mampu mewujudkan iklim dan sistem pendidikan yang demokratis dan bermutu guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin dan bertanggung jawab, berketrampilan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengembangkan kualitas masyarakat Kota Malang?
a.    Sangat Mampu
b.    Mampu
c.    Netral
d.   Tidak Mampu
e.    Sangat Tidak Mampu









5
4
3
2
1
4
Apakah kebijakan pemkot berhasil menghasilkan out come yang mampu bersaing dalam menghadapi globalisasi?
a.    Sangat Berhasil
b.    Berhasil
c.    Netral
d.   Tidak Berhasil
e.    Sangat Tidak Berhasil


5
4
3
2
1
5
Apakah Pemkot Malang membantu mendorong Lembaga pendidikan dikota malang untuk meraih berbagai prestasi berskala internasional?
a.    Sangat Mendorong
b.    Mendorong
c.    Netral
d.   Tidak Mendorong
e.    Sangat Tidak Mendorong



5
4
3
2
1
6
Apakah Kota Malang didorong untuk memiliki pelayanan dan fasilitas pendidikan yang memadai untuk menjadi kota tujuan pendidikan internasional oleh Pemkot Malang?
a.    Sangat Didorong
b.    Didorong
c.    Netral
d.   Tidak Didorong
e.    Sangat Tidak Didorong



5
4
3
2
1

4.      Tahap 4 (empat), tentukan lokus (tempat) audit;
Dinas Pendidikan Kota Malang
5.      Tahap 5 (lima), menyusul setelah selesai tahap 1 s/d 4:
Keterangan:
1.      Seluruh tahapan diunggah pada komentar blog ini;
2.      Tahap 1 s/d 4 selesai tanggal 20 Mei 2014;
3.      Hasil print out diserahkan tanggal 20 Mei 2014;
4.      Keterlambatan dari tanggal tersebut tidak diterima.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar